Menteri Asman Beri Motivasi Peserta Tes sekolah Ikatan Dinas

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memberikan semangat motivasi kepada seluruh peserta tes sekolah ikatan dinas Sekolah Tinggi Transporatasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan. “Kerjakan soal dengan sungguh sungguh agar hasil yang diperoleh juga baik, dan tidak lupa berdoa sebelum mengerjakan,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan Computer Assisted Test di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta Selasa (9/8). 

Peninjauan tersebut dilakukan di sela-sela kunjungan kerja Menteri ke Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kementerian PANRB. Dalam kesempatan itu, Menteri Asman didampingi Kepala BKN Bima Haria Wibisana beserta pejabat di lingkungan BKN, dan para Deputi Kementerian PANRB. 

STTD merupakan salah satu dari tujuh Sekolah Ikatan Dinas yang melakukan seleksi secara terintegrasi. Selain STTD, sekolah ikatan dinas lainnya adalah PKN STAN (Kementerian Keuangan), IPDN (Kementerian Dalam Negeri), AIM dan POLTEKIP (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia), STIS (Badan Pusat Statistik), STMKG Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika, dan STSN dari Lembaga Sandi Negara. 

Pelaksanaan selelsi secara teritegrasi ini baru kali pertama dilaksanakan. Selain harus mengikuti tes yang dilakukan oleh masing-masing kampus, seluruh peserta wajib mengikuti dan lulus Tes Kopetensi Dasar (TKD) dengan sistem CAT. Sistem ini mencegah terjadinya main mata, atau KKN dalam penerimaan mahasiswa ikatan dinas. Soal-soal tes meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Para peserta akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah dinyatakan lulus dari sekolah ikatan dinas tersebut, dan memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan. Setelah itu peserta ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB 

Pendaftaran di STTD yang ditutup pada 31 Mei 2016 mencapai 18.099 orang, dari 300 kursi yang disediakan. Pelaksanaan tes digelar di 6 titik, yaitu Kantor Pusat BKN, Kanreg I BKN Yogjakarta, Kanreg VII BKN Palembang, yang seleksinya dilaksanakan Selasa (09/08). Sedangkan di Kanreg XII BKN Pekan Baru, BKD Palu dan Ambon dilaksanakan Rabu (10/8). 

Kepala BKN Bima haria Wibisana menjelaskan bahwa hasil tes dapat langsung dilihat di monitor di ruang yang terpisah dengan ruang ujian. “Biasanya kita siapkan layar di plataran kantor lengkap dengan tenda, jadi setelah menjalani tes dengan sistem CAT, para peserta bisa langsung dapat melihat hasilya,” ujarnya dan diikuti oleh Menteri Asman yang menyimak angka-angka di layar monitor. (p/ab)